Laman

Friday, March 28, 2014

Membangun Pedesaan

oleh : Mustaqfirin, ZA
Membangun Pedesaan Agar Menjadi Pedesaan yang Maju

Sebelum menyusun strategi pembangunan pedesaan kita lihat pola dan kondisi geografis kawasan pedesaan, disamping keadaan masyarakatnya,

macam-macam pola kehidupan masyarakat pedesaan menurut geografisnya sebagai berikut :
1.Pedesaan Kawasan Pertanian Sawah subur
2. Pedesaan Kawasan Perkebunan subur
3. Pedesaan yang kesuburan tanahnya kurang
disamping itu juga perlu dilihat dari segi keberagaman masyarakatnya, karena masyarakat pedesaan ada 2 sisi keberagaman :
a. masyarakat yang terdiri dari berbagai kelompok, agama, dan budaya  (homogen)
b. masyarakat yang terdiri dari seagama dan sealiran juga satu kesatuan budaya.

jadi dari macam-macam pola kehidupan masyarakat pedesaan diatas kita bisa mengambil strategi pembangunan kawasan pedesaan yang ada.

hal- hal yang perlu diperhatikan adalah karena masyarakatnya mayoritat petani/pekebun dan buruh maka pemimpin di desa tersebut bisa menentukan langkah untuk pembangunan kawasan pedesaaan dengan memajukan :

a. Pendidikan
    langkah yang ditempuh yakni dengan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan disamping selalu memotivasi dan memberikan masukan yang baik kepada para pendidik, juga melakukan kerjasama dan komunikasi yang baik dengan pendidik.

b. Kepemudaan
     maju mundurnya suatu kawasan pedesaan adalah terletak tulang punggung pemudanya karena mereka adalah generasi penerus perjuangan kedepan. maka perlu diambil langkah memajukan kegiatan kepemudaan disamping memberikan pelatihan-pelatihan UMKM, Wirausaha, Pertanian, Keterampilan dan masih banyak lagi kegiatan pengembangan kepemudaan. melakukan komukasi yang intens dengan pemuda masyarakat, apabila ada hal rapat desa pemuda perlu juga diikut sertakan, kalau ada proyek infrastruktur pemuda pun diikutkan.

c. Kesehatan
    masyarakat pedesaan sangat memerlukan perhatian dari para pemimpin di Desanya dalam hal Kesehatan, karena masyarakat pedesaan disamping ekonomi lemah jangkauan untuk periksa atau ke rumah sakit jauh. maka lebih baik seandainya Desa mempunyai Kas yang cukup bisa dibelikan ambulan Desa yang mana apabila ada yang mau ke Dokter untuk berobat/melahirkan atau ke rumah sakit  kalau ada yang sakit ambulan Desa yang selalu siap mengantarnya, dengan menarik biaya uang bensin dan supir saja. tidak perlu mengambil biaya yang berlebihan karena ini milik Desa operasinal anggaran Desa.
dalam pelayanan mengurus surat-surat untuk dirumah sakit agar tidak membebankan warga perangkat Desa membuatkan surat-surat keperluan rumah sakit dan sekaligus salah satu perangkat setiap ada warga sakit sedia ikut mengantarkannya.
kalaupun Desa ada dana khusus bisa memberikan santunan kepada yang sakit.

d. Kegiatan Kemasyarakatan
para pemimpin di Desa (Kepala Desa dan Perangkatnya) aktif terjun kamasyarakat dalam hal kegiatan-kegiatan kemasyarakatan, baik keagamaan, sosial dan budaya. menjadi pelopor dan mendorong semangat kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.
sebagai contoh :
- Majlis Taklim
- Kerja Bakti
- Paguyuban Kesenian dll.

e. Pelayanan Prima
memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat dalam mengurus surat-surat, baik KK, Akte Kelahiran, KTP, dan surat-surat pengantar lainnya. cepat, tepat dan tidak membebankan banyak biaya kepada masyarakat. kalau bisa semua ditanggung pemerintah Desa biayanya kalau memang tidak mampu Desa hanya menarik biaya transport saja, selebihnya adalah diambilkan dari ADD desa.

f. Pembangunan Insfrastruktur Desa
# Gang Jalan
    gang jalan kampung di pedesaan dibangun apabila masih jalan tanah atau bebatuan dengan mengunakan rabat beton/ aspal apabila gang jalan tersebut dilalui angkutan berat atau dengan menggunakan batako apabila gang-gang kecil yang hanya dilalui motor atau orang saja. dan selalu diawasi kondisi gang apabila rusak segera direnovasi jangan sampai sudah dibangun trus tidak mau tahu keadaannya tanpa ada pemantauan.

# Saluran Irigasi
   saluran irigasi pertanian/ perkebunan perlu juga menjadi perhatian pemimpin Desa karena ini merupakan penting bagi masyarakat petani. semua saluran irigasi  pertanian di Desa dibangun secara bertahap dengan cor/ semen. juga selalu diawasi kalau ada kerusakan-kerusakan segera dibenahi.

# Jalan
   jalan Desa atau jalan kampung apabila ada kerusakan dengan cepat dang tangkas pemimpin segera mengambil langkah untuk perbaikan, dan apabila ada jalan yang belum dibangun agar dibangun baik itu jalan menuju lahan pertanian/ perkebunan maupun jalan yang menghubungkan suatu kawasan kekawasan lain di Desa tersebut. pembangunan jalan untuk memperindah kawasan pedesaan perlu adanya Landscaaping/turfing (taman jalan), got (sarana pembuangan air), slope (tanah miring) pada tepi got.

# Saranat Ibadah
   pemerintah Desa memberikan dana stimulan bagi tempat-tempat ibadah dan tempat kegiatan keagamaan yang akan/ sedang membangun juga memberikan dorongan kepada masyarakat sekitar pembangunan agar lebih bersatu, gotong royong dan cepat selesai. dan baik hasil pembangunannya.

# Taman Desa
    taman Desa sebagai ciri khas keindahan Desa apabila Desa tersebut ingin terlihat maju dan indah alangkah baiknya di bangun Taman Desa, ini tidak perlu besar dan luas. sesuai dengan lahan yang ada. pembangunan taman Desa bisa di kawasan masuk Desa di Tengah Desa atau ujung jalan yang strstegis.

# Gapura
   selain taman, untuk memprindah Desa biasanya dibangun Gapura sebagai lambang kawasan Desa tersebut yang dibangun di jalan masuk Desa.

# Pos Jaga (Ronda)
   pos ronda di Desa perlu dibangun di stiap RT atau RW menurut kemampuan Desa, pembangunannya juga harus permanen sehingga kalau sudah permanen tinggal perawatan saja tidak perlu bangun terus-menerus tiap tahun atau tiap rusak.

# Pasar Kecil/ Tradisional
   pasar kecil juga perlu dibangun apabila kawasan pedesaan tersebut strategis dan luas disamping jumlah penduduk padat. mempermudah jual-beli hasil pertanian di pedesaan tersebuat. dan apabila Desa sudah memiliki pasar perlu pemimpin Desa memperhatikan dan selalu memberi arahan kemajuan juga mengembangkannya.

 # Mendirikan Koperasi Desa (KUD)
    tujuannya untuk melayani masyarakat yang kekurangan modal usaha, baik pertanian/perkebunan ataupun usaha pedagang kecil atau usaha kerajinan dll. agar usaha mesyarakat berjalan dengan baik, dengan bunga yang cukup rendah sekali dengan ssegala kemudahan untuk pemijaman. membangun ekonomi kerakyatan demi kesejahteraan rakyat.

semua harus dibarengi dengan niatan pemimpin yang jujur, bersih dan peduli dengan rakyat kecil. kemanusiaan yang adil dan beradab menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan bagi rakyat adalah amanat UUD 45.









No comments:

Post a Comment